Jumat, 26 November 2010

Inspirasi buat sepupu.... :)

Untuk kedua kali nya,,

cerita ini gue ambil dari facebook gue,,

dan menjadi yang terlaris di baca temen2 gue,,

hmm,,,yah,,,

terima kasih ya temen2,,


ok silahkan nikmati,,


**

cerita ini terinspirasi dari seorang sepupu gue,

yang pada tahun ini akan melanjutkan pendidikan nya ke jenjang yang lebih tinggi lagi,,

yahh,,masa masa krusial dalam masa muda lah,,

udah tahu kan masa2 apa??

yakkk benar,,,


JAMAN masuk SD !!


eh salah salah,,,

muke lu somplak jaman sd,,

maksud gue

masa masa ingin masuk perguruan tinggi,,,

cekacekaceka

semoga ini bisa membuat sepupu gue tergerak hatinya,,(yah,,minimal jalan ditempat)

hummmm,,

bener2 krusial yah masa masa itu,,

yup emang benar,,

masa masa itulah di mana kita benar benar dituntut untuk berpikir,,,

berpikir kemana arah masa depan kita,,

mau jadi apa si kita ini,,

tamat dari SMA kita mau kemana,,

perguruan tinggi???

perguruan tinggi negeri??

emang tu perguruan tinggi mau nerima kita??

jujur ,,

pas SMA,gue dulu merasa gue ini adalah seorang gembel yang seperti tidak ada arah tujuan ,,

jaman SMA bukan jaman jaman keemasan gue,,

yah,,setelah di telaah lebih lanjut,,

jaman keemasan gue itu mungkin waktu jaman TK sama waktu SD,,,

ya ya ya,,,

dulu gue jago banged dah yang bagian 1+1 ,atau 1+2 ,,,

bahkan angka-angkanya dibolak balik pun gue bisa,,,

gue emang jago masa masa SD,,

>.<



huuuuzzzzzzz,

balik ke topik,,

yup,,,jadi pada saat itu gue berada di bangku kelas 3 SMA,,

kelas yang paling asik selama gue bersekolah,,

kelas yang udah menyatu dari hati ke hati dah (korban film)

di sana guru2 gue selain memberi pelajaran,,mereka juga memberi kami masukan,,

yang gue inged,salah satu ibu guru,,,sebut saja ibu Siti


Ibu Siti : nak,,inged,,kalian itu sekarang udah kelas 12,,jadi mulai dari sekarang kurangi yang namanya bermain,,

(bahasa palembang yang udah di translate ke bahasa indonesia melalui GOOGLE TRANSLATE)


kami : iya bu,,,,,,

kesimpulan : bermain yang biasa 5 jam 30 menit sehari kini menjadi 5 jam 20 menit,,,(kesimpulan menjawab tujuan)



sebenernya gue udah terpikir hal2 seperti ini pas gue kelas 2 SMA,,yah,,di sana gue gak OK banged dah,

melihat kakak kelas yang banyak nerima PMDK,,

membuat gue dan temen2 gue berpikir,,

PMDK bukan jalan kami,,(fiiiiiiuuuuuuuu,,,angin bertiup,,sepi)

kita mesti gimana,,

melihat dari hal2 seperti ini,cuma ada satu jalan,

yaitu SNMPTN,

tapiiiiiiii,,,,,,,,,,

gue merasa SNMPTN itu berat banged,,

yang terbayang oleh ku adalah ribuan calon mahasiswa seluruh indonesia memperebutkan bangku2 perguruan tinggi terbaik...

misalkan saja dari 15000 calon mahasiswa memperebutkan 150 bangku di satu jurusan,

yang gue fikir,,,

apakah gue ada di 150 orang itu,,,

hummmm,,,

gag yakin bang,,,,,


**

seperti hal nya siswa2 lain,,

pas kelas 3 SMA,gue ikut intensif kursus untuk persiapan SNMPTN di salah satu lembaga kursus,,

yah,,lembaga kursus terbaik lah itu di palembang kalo menurut gue (promosi)

kenapa gue bilang begitu??

yah,,karena gue les di situ dari kelas 2 SMP ampe 3 SMA,,

dan gue gak pernah bosen di ajar ama guru2 di sana,

mereka emang profesional,profesional membuat murid2 nya pusing dengan semua soal2nya,

selain itu,

tempat les itu tu,,merupakan rumah kedua gue ,,

kenapa??

karena gue selalu les setiap harinya ,,,

jadi gue makan siang disana mulu de,

abang abang tukang bakso deket sana juga udah hapal ama gue dan pesenan nya,

abang abang pempek panggang juga hapal,walaupun kadang ganti2 yang jaga

,kadang adeknya,kadang bibinya,kadang om nya,kadang juga tetangga nya,,(hiperbola)

guru2 di sana sering gue gambar ketika dia sedang menjelaskan,,

abis itu gue tunjukin tu ke temen2,,dan mereka ketawa guling2,,

gambar gue itu bukan ngejek guru ya,tapi menggambar bentuk aslinya,

saking miripnya mungkin ,jadi mereka pada ketawa,,hahahha

haaaaaahh,,,masa masa itu,,,eh kok jadi cerita ini,,,

lanjut lanjut,,



oke,,,

gue jelasin dulu ni,,

jadi pada waktu itu,,

* gue ada 3 target yang senggag enggag nya mesti di capai,

1. teknik perminyakan

2. teknik sipil

3. planologi

dan semua itu ada pada satu perguruan tinggi,

jadi pada waktu itu pokoknya gue benar2 fokus pada satu perguruan tinggi,,

sebut saja perguruan tinggi keren(PTK) yang ada di bandung,,

selain karena kakak gue yang berkuliah di sana,

dan juga terinspirasi dari keluarga2 gue yang berkuliah di sana,

alasan gue ingin ke sana emang itu adalah cita cita gue dari lahir,

gue begitu menggebu2 semangat nya belajar pada waktu itu,

sungguh2 belajar,

pelajaran2 yang dulu terabaikan kini diulang dan di pelajari kembali,

jadi pada saat itu gue baru merasa menjadi siswa yang membawa ilmu yang sebenarnya emang ada pada saat gue duduk di kelas 3 SMA,

jadi selama ini???

. . . . .

tanpa di duga duga,,

pada waktu itu,

gue di tawari oleh salah seorang guru gue(di sekolah) untuk mencoba ikut PMDK,,

umm,,kali ini,,sebut saja ibu julaiha,

wah,,,pertama gue bingung tuh,

ya iyalah gue bingung,

karena gue emang udah fokus tu pada satu perguruan tinggi itu,

dan emang akan mengikuti ujian saringan masuk perguruan tinggi itu(USM),,

tapi dengan perasaan yang bercampur,gue pun mau ikut PMDK itu,

PMDK yang di tawarkan adalah PMDK untuk masuk perguruan tinggi bagus (PTB),,biasa,,nama di samarkan,,

dan gue semakin bingung,,

kenapa???

karena di deretan nama2 jurusan yang di tawarkan di PTB tidak ada yang menarik perhatian gue,

huffff,,,

pertama gue ingin mengurungkan niat gue untuk ikut PMDK itu,

tapi setelah gue baca2 lagi di rumah tu kertas,,

ternyata ada satu nama jurusan yang nyantol di hati gue,,

yag,,,

itu dia,,,

>TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN<

yahh,,,ini menarik dalam hati gue,,

sungguh menarik,,

gue langsung conteng tu nama jurusan,n ternyata yang harus dipilih itu 2 jurusan,,

umm,,

dengan asalnya gue pilih aja,,

>ILKOM<

ya,,komputer juga lumayan pikir hatiku

begitu gue udah conteng,gue pun berbicara dangan nyokap gue,

n disana gue berdebat banyakk dengan nya,

yah,,

di sana gue bersikeras untuk mengikuti PMDK itu,tapi nyokap gue seperti tidak setuju,

dia masih menyuruh gue agar fokus di PTK,,

tapi karena gue yang keras kepala,akhirnya nyokap gue mengizinkan nya dengan alasan ,,


mama : yah,kamu juga belum tentu diterima,yaudah,terserah kamu aja,


gue : . . . . .


sampe sekarang gue masih bingung,kenapa waktu itu gue begitu kerasnya menginginkan ikut PMDK,

padahal itu nama perguruan tinggi baru pertama kali ternaung di telinga gue,

kenapa gue begitu ingin mengikuti ini,,

cekacekaceka,,

setelah berdebat dengan nyokap,akhirnya gue pun juga jadi setengah hati dalam menjalani nya,

karena dipikiran ku juga gak bakal diterima,

setelah mengurus beberapa ketentuannya,aku pun resmi ikut PMDK,meskipun hati tak sejalan (prreettt)

setelah itu gue kembali fokus ke PTK,,,

yuppp,,

akhirnya tak berapa hari,,

hari ujian tes masuk PTK pun tiba,,

di sana gue begitu nerves,

gimana gak coba,

hari yang gue tunggu tunggu tiba,

di sana ruangan nya begitu dingin,,

sungguh sangat sesuai dengan keadaan demam panggung gue,,

yah,,,,

gue emang ngerasa hasil yang gue beri di tes tersebut gak maksimal,,

tapi,mau diapain,

udah terjadi,

dan gue udah berusaha untuk kesana sebaik mungkin,

yang bisa gue lakuin pada waktu itu adalah tinggal berdoa kepada NYA,,

hummmmm

(yang gue bingung,,pada waktu itu,anak2 kelas 3 emang pada menjadi alim semua,,SUBHANALLAH,,>.<)

sekitar sebulan lebih telah dijalani,

pada waktu itu,kalau tidak salah gue lagi masa masa ujian praktek de,,

umm ,,ya mungkin,

waktu itu gue sama anak2 lagi di depan kelas,,

pagi pagi,,

tiba tiba ibu Siti dateng menghampiri gue dan memberikan sepucuk surat,,


Ibu Siti : Rahmat,ini buat kamu,,selamat ya,,,


gue : saya gak ulang tahun bu hari ini,,


Ibu Siti : emang bukan itu , wehhh,,coba baca,,


gue : kemampuan baca saya berkurang bu kalau lagi bingung,,


Ibu Siti : hummmmmhhhhh,,,bete,,


gue : gak bu becanda,,oke saya baca ya bu,,


Ibu Siti : iyeee,,


gue : tepung terigu

telor 2 biji

iris bawang kemudian tiriskan,,

masukkan air ke dalam adonan hingga tercampur rata,,

lalu eee,,


Ibu Siti : eh eh bukan yang itu,,maksud ibu yang ini,,aduh,,ketauan kan,,,


gue : yeee,,,ibu ade2 aje,,,oke dibaca lagi ni,,oke,,

selamat,,,,anda telah diterima di perguruan tinggi bagus,,

di fakultas teknik pertanian,jurusan teknik sipil dan lingkungan,,(kira2 gitu tulisan nya,,lupo cuy)


Ibu Siti : yaakk,,selamat ya nak,,,


gue
: ini serius bu??


Ibu Siti : yoi coy,,mamen dah,,,eh maksud ibu,,iya bener,,uhuhuhuhu,kelepasan,


gue : hehehehhe,,makasih ibu,,



dan ternyata nyokap gue udah di telepon oleh sekolah bahwa anaknya telah diterima di perguruan tinggi itu,

ya,,,gue tahu pasti dia pertama terkejut,terkesima,terharu,dan gak yakin pastinya,hahaha

tapi itu semua belum bisa menggoyah kan keinginan gue untuk masuk ke perguruan tinggi keren(PTK) itu,,

hummm

selang beberapa hari,,

datanglah hari itu,

hasil ujian saringan masuk perguruan tinggi keren(PTK),

gue takut banged ngeliatnya,

gue gak mau ngeliatnya,

jadi yang ngeliatin waktu itu,,nyokap gue,tante gue,nenek gue,n kakak gue,

hummm

dan hasil nya,,,

tidak diterima,,

sumpah SAAAAKKKKIIIITTTTTTTTTTTTT BAAAANNNNNNNNGGGGGEEEEEEEETTTTTTT,,

kayak di CUBIT GORILA<<<

semua cita2 gue sirna tuh,,

bukan sirna seutuhnya sih,karena masih ada ujian saringan masuk episode kedua,

gue masih ada kesempatan untuk masuk sana,,

tapi,,

di saat ada pilihan ini,,

apakah gue mesti memilih,,

antara mengambil PTB yang udah diterima dengan status PMDK,

atau kembali berjuang untuk Ujian saringan masuk kedua dan mencoba SNMPTN untuk mengejar kembali PTK,,

gue galau di situ,,

(ceela bahasanya ,,)

gue bingung,,

di sana juga di bilang oleh nyokap gue,


mama : di PTB itu asrama can setahun ,,kamu siap dengan itu??


gue : . . . .


kakak : di sana itu kamu bakal jauh dari mama,jauh dari keluarga, kamu bisa ?


gue : . . . .


mama : di sana itu bukan di sini can, kamu gak bisa se enaknya aja di sana,kamu di sana harus belajar mandiri,bisa?


gue : . . . .


kakak : ya udah,pikirin aja dulu mateng2 kamu mesti gimana,,


gue : laper,,,


mama n kakak : zzzzz



ya bener emang,gue adalah seorang anak yang sangat manja, jadi untuk kata2 mandiri itu sendiri,,

gue rasa itu adalah hal2 sulit yang bisa ungkapkan pada waktu itu,

tapi ada satu perasaan gitu,

perasaan yang mengatakan gue itu bisa di PTB,

jalan gue emang di PTB,

itu terus ternaung di otak gue selama mungkin seminggu,

dan akhirnya,

gue pun memutuskan,

untuk mengambil jalan PMDK,

jalan yang sebenarnya adalah di luar dari semua rencana gue,

yah,,,SUBHANALLAH sekali kan,

satu hal yang bisa gue petik dari pengalaman gue ini,

segala sesuatu nya itu boleh di rencanakan oleh kita manusia,

tapi yang menentukan itu semua,adalah ALLAH SWT,,

yah,,,

semoga cerita gue ini memberi motivasi sepupu gue ,bahkan orang2 yang tidak sengaja membaca note ini,

umm,,

dalam hal ini

gue mesti memberi moto hidup gue ke kalian semua,,

PASRAHLAH !!

eh salah salah,,

maksudnya

SEMANGAT !!

makasih ,,,:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar